Ketentuan dan Peraturan Lomba Tahun 2018
ARKANDI SCOUTING SKILL

Koloni Tongkat
A.  Anggota berjumlah 16 termasuk danton, diwajibkan selang sekar (8 Putra & 8 Putri)
B.  Peserta wajib  menggunakan  pakaian  PRAMUKA  lengkap  (baret,boni, tanda  topi, kacu, ring, ikat pinggang, kaos kaki hitam (sebetis), tali kur, badge (kwarda, kwarcab, WOSM, kitri, gudep, name tag, tiska A.S.S 2018)).
C.  Panjang tongkat 160 cm  harus berwarna.
Pasukan
A. Gerakan yang dipraktikkan peserta sebagai berikut :
  Gerakan Ditempat
1. Sikap sempurna
2. Hormat kepada juri
3. Berhitung
4. Istirahat ditempat
5. Periksa kerapihan
6. Hormat kepada bendera merah putih
7. Setengah lengan lencang kanan
8. Lencang kanan
9. Hadap kanan
10.  Lencang depan
11.  Hadap kiri
12.  Balik kanan
13.  Serong kanan
14.  Serong kiri
15.  Balik kanan dan jalan ditempat

  Gerakan Berpindah
1. 4 langkah ke depan
2. 4 langkah ke belakang
3. 4 langkah ke kanan
4. 4 langkah ke kiri
5. Haluan kanan
6. Haluan kiri
7. Langkah tegap
8. Balik kanan henti
9. Lari maju 
10.  Maju jalan
11.  Tiap-tiap banjar
12.  Ganti langkah
13.  Langkah perlahan
14.  Bubar jalan
15.  Shaf  berkumpul
16.  Variasi dan formasi


B. Waktu yang diberikan adalah 10 menit. Perhitungan waktu dimulai pada saat danton melapor ke dewan juri dan berakhir pada saat danton melapor telah menyelesaikan perlombaan (peluit 1 kali = waktu dimulai, peluit 2 kali = sisa waktu tinggal 2 menit, peluit 3 kali = waktu habis).


C. Ukuran lapangan 9x18 meter

D. Gerakan di tempat dan gerakan berpindah di wajibkan berurutan. Untuk gerakan berpindah mendapat toleransi sebanyak 5 kali.

E. Penilaian  setiap gerakan

  Gerakan Ditempat 10-100 / gerakan
  Gerakan Berpindah 10-100 / gerakan

F. Kriteria penilaian lomba :
1. Kekompakkan                                                                    : 10-100
2. Ketangkasan bertongkat                                                    : 10-100
3. Variasi                                                                               : 10-100
4. Kerapihan (dinilai pada saat di daerah persiapan)             : 10-150

Ketepatan waktu (jika melakukan gerakan mencapai waktu 9 menit 50 detik – 10 menit mendapatkan poin +100, jika mencapai kurang 9 menit 50 detik tidak mendapatkan tambahan poin dan jika lebih dari 10 menit mendapatkan pengurangan 50 poin)

G. Pengurangan poin :
1. Kurang dari 16 orang                                                         : - 100 poin/orang
2. Keluar/menginjak garis batas yang telah ditentukan.        : - 10/pelanggaran/orang
3. Perlengkapan jatuh aksesoris badan saat lomba dimulai   : - 5 poin/1 kali
4. Melebihi batas toleransi gerakan berpindah                      : - 10 poin/gerakan
5. Tidak tepat waktu (dihitung dari 10 menit 1 detik)            : - 50 poin/menit
6.  Gerakan tidak sesuai urutan                                              : - 10 poin/gerakan
7.  Atribut tidak lengkap                                                        : - 5 poin/atribut
8.  Tongkat tidak sesuai SK pramuka                                    : - 5 poin/tongkat
9. Peserta pingsan                                                                   : - 200/peserta 
H. Penambahan poin : melakukan gerakan tepat 9 menit 50 detik -10 menit (+100 poin)
I.  Yel-yel tidak dimasukan ke dalam kriteria penilaian, tetapi tetap diberikan waktu sebanyak 3 menit di luar waktu perlombaan (10 menit)
J.  Peserta tidak memenuhi panggilan setelah 3 kali akan  DIDISKUALIFIKASI
K. Peserta tidak diizinkan melakukan pergantian anggota tanpa sepengetahuan panitia

 Danton
A. Kriteria penilaian
1. Ketepatan aba-aba : 10-100
2. Suara (lantang, jelas, intonasi, dan tempo) : 10-100
3. Penguasaan pasukan dan lapangan : 10-100
4. Penguasaan materi lomba : 10-100
5. Cara memberikan instruksi : 10-100

Denah Perlombaan Koloni Tongkat


Hiking Rally

1.   Anggota terdiri dari 6 orang, setiap regu merupakan kesatuan terpisah
2.   Materi yang dilombakan :
a)  Pos 1
  Materi                 : Pionering
  Waktu                 : 10 menit
  Teknik lomba  :
  Pionering   : peserta sebanyak 6 orang membuat pioneering yang bertemakan “Tiang       Bendera” sesuai dengan kreativitas sendiri. Peserta akan diberi waktu selama 10 menit.
  Kriteria penilaian :
  Pionering :
    Ketepatan simpul                                 : 0-50
    Kerapihan                                            : 0-50
    Ketepatan waktu                                  : 0-50
    Keindahan dan kreativitas                   : 0-50
    Kekuatan                                              : 0-100
b)  Pos 2
    Materi    : SMS dan Persentasi
    Waktu    : 10 menit
    Teknis lomba :
1.   Peserta sebanyak 3 orang melakukan mata lomba SMS, orang pertama akan di berikan soal oleh panitia dalam bentuk sandi dan orang pertama memberikan ke orang kedua dalam bentuk semaphore,  lalu  orang  kedua  memberikan  ke  orang  ketiga dalam bentuk morse dan jawaban yang akan di ambil adalah pada orang ketiga dalam bentuk bahasa Indonesia.
2. Peserta sebanyak 3 orang lainnya melakukan mata lomba persentasi yang bertemakan ”Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia” . peserta sudah mempersiapkan materi yang akan di jelaskan dengan bentuk sekreatif mungkin.

    Kriteria penilaian :
 SMS  Benar perhuruf mendapat poin 5, salah perhuruf mendapat -1 poin, dan tidak di jawab mendapat 0 .
  Persentasi:
    Kelantangan berbicara                       : 0-10
    Kelancaran berbicara                         : 0-10
    Etika berbahasa                                  : 0-10
    Kekompakkan                                    : 0-10
    Ketepatan dengan tema                      : 0-10 
c)  Pos 3
    Materi             : Pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan
    Waktu             : 10 menit
    Jumlah soal     : 50 soal
Teknis mengerjakan   :  Peserta  akan  membentuk  1  banjar  dan  di sediakan 1 meja. Peserta mengerjakan 25 soal PU dan 25 soal PK secara bergilir, 4 orang pertama mengerjakan selama 2 menit/orang dan 2 orang terakhir mengerjakan 1 menit/orang. Untuk soal pengetahuan umum terdiri dari akademik kelas 7 dan pengetahuan umum. Untuk soal pengetahuan kepramukaan bersumber dari boyman dan internet.
    Kriteria penilaian :
  Benar                                      :  2 poin
  Salah                                       : - 1 poin
  Tidak dijawab                         :  0 poin


d)  Pos 4
  Materi                  : Praktek PPGD dan soal PPGD
  Waktu                  : 10 menit
  Teknik lomba   :
  Tandu               : 2 orang peserta membuat tandu dengan waktu
5 menit. ( 7 Jangkar )
  Membidai         :  2  orang  lainnya  membidai  dan  1  menjadi korban dengan waktu 5     menit.
  Soal PPGD       :  1  orang  lainnya  mengerjakan  soal  tentang pertolongan pertama sebanyak 50 soal dalam waktu 10 menit.
  Kriteria penilaian :
1.   Tandu:
    Kekuatan                                  : 0-50
    Kerapihan                                : 0-50
    Ketepatan simpul                     : 0-50
2.   Membidai:
    Kerapihan                                : 0-50
    Kekompakan                            : 0-50
    Ketepatan waktu                      : 0-50
3.   Soal:
    Benar                                        : 2 poin
    Salah                                         : -1 poin
    Tidak di jawab                          : 0 
e)  Pos 5
  Materi              : Harmoni Indonesia
  Waktu              : 10 menit
  Teknik lomba   :
  Peserta  di  haruskan  membawa  alat  musik  dari  barang  bekas yang nantinya di titipkan di post start saat pendaftaran ulang.
  Peserta memainkan 2 lagu yang telah di aransemen

Daftar lagu :

1.   Bubuy Bulan
2.   Sik Sik Sibatumanikam
3.   Sajojo
4.   Anging Mamiri
5.   Jali-Jali
6.   Si Patokaan
7.   Ayam Den Lapeh
8.   Ayo Mama
9.   Poco-Poco
10. Alusi Au



Kriteria penilaian : 

1. Perform : 0-50
2. Harmonisasi : 0-50
3. Artikulasi : 0-50
4. Kreatifitas : 0-50
5. Aransemen : 0-50

3.    Peralatan yang harus di bawa :
1.   Tongkat ( min 6 tongkat )
2.   Tambang seperlunya
3.   Peralatan ibadah
4.   Alat tulis
5.   Papan jalan
6.   Obat pribadi
7.   Peralatan PPGD
8.   Jas hujan ( WAJIB )
9.   Air Mineral secukupnya (WAJIB)

4.    Tata tertib mata lomba HR :
a)  Peserta dilarang membawa uang
b)  Peserta dilarang membawa benda tajam dalam bentuk apapun kecuali peniti yang di pakai
c)  Peserta dilarang membawa alat komunikasi
d)  Peserta dilarang membawa alat hitung waktu dan bantuan lainnya e)  Peserta dilarang memakai aksesoris tangan
f)   Peserta dilarang membawa alat make up
g)  Peserta dilarang berinteraksi dengan pendamping lomba 
h)  Peserta  dilarang  membeli  makanan  atau  minuman  dan  perlengkapan  atau kebutuhan lainnya
i)   Peserta dilarang melewati jalan pintas
j)   Peserta dilarang menaiki kendaraan umum atau pribadi
k)  Peserta dilarang mengganggu peserta lain selama perjalanan l)   Peserta yang melakukan kecurangan akan di diskualifikasi
m) Diskualifikasi  juga  berlaku  bagi  peserta  jika  pendamping  dari  salah  satu
anggota yang mengikuti saat lomba berlangsung
5.    Pengurangan poin :
    Atribut tidak lengkap                                                   : -5 poin/atribut
    Ketidaklengkapan anggota                                          : -100poin/anggota
    Membawa alat yang dilarang                                       : -10/barang
    Tidak membawa peralatan yang ditentukan                : -5/barang
    Pergantian anggota                                                      : -100 poin

Maket

1.   Jumlah peserta : 2 orang
      Keterangan : setiap pangkalan mengirimkan 2 orang (diperbolehkan selang sekar)
2.   Jenis kegiatan : membuat maket
       Tema : “Monumen Nasional”
3.   Waktu : 240 menit
4.   Peralatan :
    Sumpit bambu warna krem
    Benang sol warna cokelat
    Membawa alat potong : gunting, cutter, pisau, gergaji kecil, dan tang potong (
    hanya di perbolehkan membawa 2 alat potong )
    Aksesoris ( aksesoris sumpit menggunakan sumpit berwarna lain )
5.   Penilaian :
1.   Kekuatan maket                                                               : 0 – 400
2.   Kerapihan                                                                         : 0 – 400
3.   Kemiripan bentuk                                                             : 0 – 400
4.   Ketepatan simpul                                                             : 0 – 400
5.   Kreatifitas / keunikan                                                       : 0 – 400
6.   Teknis kegiatan
a.   Peserta memulai perlombaan setelah panitia memberi tanda perlombaan dimulai (peluit pertama menandakan lomba akan dimulai, peluit kedua menandakan sisa waktu 60 menit, peluit ketiga menandakan sisa waktu 10 menit, peluit keempat menandakan waktu habis)
b.   Panitia akan memberi tanda 60 menit dan 10 menit sebelum waktu habis
c.   Peserta yang sudah menyelesaikan maket sebelum waktu habis boleh meninggalkan tempat perlombaan
d.   Peserta harus berada di ruangan perlombaan 15 menit sebelum dimulainya perlombaan
e.   Peserta di perbolehkan menggunakan aksesoris yang sudah jadi
f. Peserta akan diberikan 10 menit tambahan untuk membetulkan aksesoris dan akan di pinjamkan alat perekat oleh panitia sebesar 3 kali peminjaman 
7.   Tata Tertib
1.   Dilarang membawa maket setengah jadi
2.   Dilarang mengganti atau mengurangi anggota tanpa seijin panitia
3.   Dilarang menggunakan alat perekat untuk maket
4.   Tiga peraturan diatas bersifat wajib, apabila melanggar akan di diskualifikasi
5.   Keputusan dewan juri tidak bisa di ganggu gugat
6.   Jika peserta sudah selesai membuat maket tapi waktu belum berakhir, peserta diperbolehkan meninggalkan ruangan
7.   Dilarang membawa alat potong selain dari ketentuan
8.   Pengurangan poin

0 komentar:

Posting Komentar

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

SUPPORTED BY


ClickSense | Make Money Taking Surveys‎
Adf.ly | Earn money for each visitor to your shortened links
Subcribe Me | Subcribe My Youtube Channel

Follow Me